SIAKAD Berita Konektivitas WiFi di Pesawat Boeing Mudahkan Aktivitas Pembajakan oleh Hacker

Konektivitas WiFi di Pesawat Boeing Mudahkan Aktivitas Pembajakan oleh Hacker

15 Mei 2015

Adanya konektivitas WiFi pada saat berada di pesawat memang memberikan kenyamanan bagi para penumpangnya. Namun jangan salah, fasilitas yang satu ini juga bisa berakibat buruk, bahkan salah-salah pesawat bisa dibajak dengan mudah oleh seorang hacker. Hal ini pun diungkapkan oleh Federal Aviation Administration (FAA) Amerika Serikat.

Pihak FAA memperingatkan kalau beberapa model pesawat mempunyai sistem keamanan WiFi yang kurang begitu bagus. Bahkan mereka pun telah mengingatkan Boeing terhadap bahaya risiko tersebut pada beberapa jenis pesawatnya. Pesawat-pesawat yang dimaksud adalah Boeing 787 Dreamlinder serta Airbus A350 dan A380.

Jaringan WiFi penumpang pada pesawat tersebut masih satu jaringan dengan sistem avionik pada pesawat. Hal ini pun sangat berisiko, di mana seorang hacker bisa dengan mudah menyusup ke sistem dan selanjutnya bahkan bisa pula mengambil alih sistem navigasi pesawat.

Untuk melakukan aktivitas pembajakan tersebut, seorang hacker telebih dulu harus melewati firewall yang memisahkan antara jaringan WiFi dengan sistem avionik pesawat. Dan hal ini dianggap sudah cukup sebagai langkah preventif. Meskipun begitu, para ahli keamanan IT lebih menyarankan agar kedua jaringan tersebut dibuat secara terpisah.